Kisah Sukses Pengusaha Sandiaga Uno : Dari PHK Menjadi Pengusaha

Serial Kisah Sukses Pengusaha – SaatnyaJadiPengusaha.com

kisah sukses pengusaha sandiaga uno Kisah Sukses Pengusaha Sandiaga Uno : Dari PHK Menjadi PengusahaMANIS-pahit dunia kerja dikecap Sandiaga Uno pada usia muda. Mengawali karier sebagai karyawan, meraih puncak karier dalam waktu singkat, hingga diberhentikan dari pekerjaan nan mapan, mencipta arus balik hidup Sandiaga untuk menjadi pengusaha. Tahun 2008 ia dinobatkan menjadi ”Entrepreneur of The Year” dari Enterprise Asia untuk predikat pengusaha terbaik. Pencapaian itu adalah buah dari pergulatan panjang. Namun, pria yang akrab disapa Sandi itu menyebut dirinya sebagai ”pengusaha kecelakaan”. Itu karena kiprahnya di dunia usaha dimulai tatkala kondisi karier dan keuangannya sedang terpuruk pada 1998 (tulisan berdasarkan sumber blog ini)

Ya sobat SaatnyaJadiPengusaha,

Anda tentu sudah sangat mengenal sosok Sandiaga Uno, bukan ?

Jika pernah mengikuti acara perbincangan saat sarapan di salah satu media televisi nasional, maka Anda akan mendapatkan obrolan yang kurang lebih seperti berikut ini :

Sandiaga : ” Selama 33 tahun bersama, istri saya ini istilahnya udah ikut dalam segala derita suka dan duka ..

Presenter : ” Loh emangnya mas Sandi pernah menderita ? ”
(note : pernah menjabat berbagai posisi di 18 perusahaan gitu loh)

Sandiaga  : ” Ya pernah lah .. saya kan pernah bangkrut dan di PHK … Nah istri saya nih, mbak Nur, yang malah sebenernya jadi investor pertama saya waktu kondisi surut itu …”

Ya sobat, tokoh yang dikenal sebagai salah satu pengusaha Indonesia yang sangat sukses dan kerap menjadi pembicara utama di berbagai seminar-seminar kewirausahaan atau enterpreneurship ini ternyata pernah juga merasakan pengalaman di-PHK. Pria yang bernama lengkap Sandiaga Salahudin Uno ini lahir di Rumbai, Pekanbaru, Riau pada tanggal 28 Juni 1969. Dia merupakan anak dari Sandiaga Kosastra. Saat ini, Total kekayaan Sandiaga Uno diperkirakan sebesar $795 juta dan termasuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia. (sumber : biografiku). Lalu kapan dan bagaimana ia mendapatkan pengalaman di-PHK ? Anda bisa membaca ceritanya di bawah ini.

Dikenal Sebagai Orang yang Cerdas

Sandiaga Uno adalah orang yang cerdas., hal ini terbukti ketika ia kuliah di Wichita State University di Kansas, Amerika, ia berhasil lulus dengan predikat Summa Cum Laude. Selepas lulus dari Wichita State University, ia kemudian bekerja di Bank Summa milik William Soeryadjaya.

Karena kinerjanya yang cukup bagus di perusahaan, setahun kemudian ia menerima beasiswa untuk melanjutkan kuliahnya di George Washington University, Amerika Serikat. Ia menamatkan kuliahnya dengan meraih IPK sempurna 4.00 yang merupakan sebuah prestasi yang membanggakan. Pada tahun 1993, Sandi bergabung di perusahaan Singapura bernama Seapower Asia Investment Limited sebagai manager Investasi, lalu pindah ke perusahaan asal Kanada bernama NTI Resources Ltd dengan posisi sebagai Executive Vice President NTI Resources Ltd.

Gajinya saat itu terbilang sangat besar. Di usia yang masih muda, Sandi Uno sudah mendapatkan gaji hingga 8.000 Dollar perbulan. Namun seperti kata pepatah “Roda Kehidupan selalu berputar”. Badai krisis moneter yang terjadi pada tahun 1997, mengakibatkan perusahaannya juga terkena imbasnya. Perusahaannya kemudian bangkrut dan mulai melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) termasuk pada dirinya. Ia pun seketika menjadi pengangguran.

Kembali ke Indonesia

Sandiaga Uno kemudian kembali ke Indonesia dan menumpang di rumah orangtuanya, Henk Uno dan Mien R Uno, karena tidak mampu membayar sewa rumah. Ia pun mencoba mencari kerja di Indonesia. Namun sayang, lamarannya selalu ditolak. Bahkan ia ditolak oleh 25 perusahaan. Situasi sulit ini sempat membuat ayah dua anak itu hampir putus asa. Pergulatan batin dalam keterpurukan membuat Sandi berkeyakinan, menjadi karyawan membuat ia sulit memiliki kemandirian secara finansial. Pemikiran itu melandasi langkahnya untuk ”banting setir” dan merubah mindsetnya dengan mulai menapaki dunia bisnis.

Menjadi Pengusaha karena “Kecelakaan”

Saya ini menjadi seorang pengusaha karena ‘kecelakaan’. Sebagai seorang pengusaha yang lahir dari kecelakaan, saya tidak mendesain jadi seorang pengusaha.. ujar Sandiaga Uno.

Ya, siapa sangka, pengalaman karena di-PHK dan lamaran kerjanya selalu ditolak, akhirnya ia pun mulai berpikir untuk memulai usaha. Ia mengajak temannya semasa SMA, yaitu Rosan Perkasa Roeslani, untuk memulai sebuah usaha. Yang dipikirkan saat itu adalah usaha apa yang tidak membutuhkan modal besar. Ia pun memilih usaha di bidang jasa. Berbekal dari pengetahuannya mengenai keuangan ia mulai membuka usaha di bidang jasa konsultan keuangan dengan mendirikan PT Recapital Advisors pada tahun 1997.

Namun apa yang ia usahakan tidak berjalan mulus. Banyak calon klien yang meragukan kemampuannya. Barulah 6 bulan kemudian ia mendapat klien pertamanya.

Setahun kemudian yaitu di tahun 1998, ia bersama Edwin Soeryadjaya kemudian mendirikan perusahaan Investasi yang diberi nama PT Saratoga Investama Sedaya. Berbekal jaringan (network) yang baik dengan perusahaan ataupun lembaga-lembaga keuangan yang ada didalam negeri maupun luar negeri setelah ia mendirikan perusahaan sebelumnya, perusahaan yang didirikan oleh Sandiaga Uno pun kemudian sukses. Perusahaan investasinya bergerak di bidang telekomunikasi, pertambangan dan produk kehutanan.

Sistem perusahaannya ialah mengumpulkan modal dari beberapa investor kemudian mengakuisisi perusahaan yang memiliki masalah keuangan kemudian memperbaiki kinerja perusahaan tersebut, setelah kinerja perusahaan tersebut sudah terlihat cukup baik, kemudian perusahaan tersebut dijual kembali tentu dengan harga yang lebih tinggi. Salah satu perusahaan yang pernah ia akuisisi adalah Bank BTPN.

Setelah mendirikan usaha dan sukses, lalu menjabat sebagai CEO di beberapa perusahaan seperti Saratoga Capital, PT Tower Bersama Infrastruktur Group Tbk, PT Adaro Energy Tbk, serta di PT Recapital Advisor, namanya masuk ke dalam 40 orang terkaya di Indonesia, tepatnya ada di peringkat ke 29.

PT Saratoga Investama Sedaya Kisah Sukses Pengusaha Sandiaga Uno : Dari PHK Menjadi Pengusaha

Perusahaan investasinya yaitu Saratoga Capital dikenal sebagai firma investasi terbesar di Indonesia yang memiliki karyawan sebesar 20 ribu orang. Namun pada tanggal 10 Juni 2015, ia resmi mengundurkan diri sebagai Direktur Utama di PT Saratoga Investama Sedaya Tbk, posisinya digantikan oleh Michael Soeryadjaya yang merupakan cucu dari William Soeryadjaya, Pendiri PT Astra International.

Dari pengalaman suksesnya, ia kerap berbagi ilmu dan pengalamannya di seminar-seminar. Ia juga aktif di beberapa organisasi dan juga komunitas-komunitas bisnis. Saat tulisan ini dimuat, Sandiaga Uno mulai memasuki dunia politik dan melepaskan jabatan-jabatan yang ia sandang di berbagai perusahaan yang didirikannya. Ia memegang nasehat supaya tidak memegang peran di dua bidang yang bisa membuat seseorang memperdagangkan politik dan mempolitikkan perdagangan.

Nah semoga kisah sukses pengusaha Sandiaga Uno ini dapat memberikan inspirasi positif bagi kita.

www.SaatnyaJadiPengusaha.com
Berbagi Ide, Inspirasi dan Peluang Usaha

sumber-sumber : 

http://www.biografiku.com/2015/08/biografi-sandiaga-uno-jadi-pengusaha.html
http://www.banguninspirasi.com/2016/09/kisah-sukses-sandiaga-uno-jadi.html
http://ruangbiografi.blogspot.co.id/2012/09/pengusaha-biografi-sandiaga-s-uno.html

" Yuk, Siapa Lagi yang Mau Belajar Bisnis dan Jadi Pengusaha ? "

Temukan Ilmu, Mentor dan Komunitas yang TEPAT untuk Memulai Bisnis dan Mengembangkan Usaha Anda

KLIK DISINI UNTUK MEMULAINYA

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online